DESA WISATA CIRANGKONG

 

Desa cirangkong merupakan salah satu desa dari 8 (Delapan) desa yang berada di wilayah kecamatan Cijambe, kawasan yang terletak di daerah pegunungan di Kabupaten Subang dengan ketinggian 488 Meter, iklim yang terdapat di Desa Cirangkong Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang ini memiliki curah hujan sekitar 2.600 Mm, perkiraan jumlah bulan hujan sekitar 5 bulan, suhu rata-rata harian 28 derajat celcius, dan tinggi tempat dari permukaan laut sekitar 400 mdl. yang mempunyai karakteristik khas dalam menampilkan aktrasi alam, Desa Cirangkong mempunyai luas wilayah keseluruhan sekitar 1.306,8 Ha, dengan rincian pegunungan (perkebunan 841,75 Ha, pemukiman 315 Ha, persawahan 118Ha, sarana lain 23,5 Ha) yang diapit oleh Desa Banjar Sari dan Desa Cikadu di sebelah utara, Desa Cimenteng di sebelah timur, Kecamatan Kasomalang di sebelah selatan dan Desa Cijambe serta Desa Kumpay disebelah barat. Jarak tempuh dari Kecamatan Cijambe adalah sekitar 2 Km, sedangkan jarak tempuh dari Kota Subang adalah 18 km dan jarak dari Provinsi Jawa Barat sejauh 60 Km.

1. Kondisi Fisik
Kondisi fisik Desa Cirangkong sendiri berada di dataran tinggi atau pegunungan, terdapat lereng-lereng gunung oleh sebab itu iklim di desa tersebut masih sangat segar. Cocok untuk para wisatawan yang ingin mencari suasana pedesaan yang pada umumnya terbebas dari segala polusi udara. Masih terdapat pula banyak sawah-sawah yang hijau dan  pemandangan alam yang sangat natural. Secara kasat mata yang bisa dilihat adalah bahwa kondisi fisik di Desa Cirangkong berada di daratan tinggi pegunungan.

2. Kondisi Sosial Penduduk

Mayoritas penduduk Desa Cirangkong umumnya adalah menjadi buruh tani, yaitu sebanyak 1.509 orang dari jumlah keseluruh an sebanyak 3.554 jiwa atau 1140 KK. Dari jumlah 3.554 jiwa penduduk Desa Cirangkong sebanyak 1.565 jiwa adalah hanya lulusan Sekolah Dasar (SD). Di Desa Cirangkong memiliki Industri kecil menengah seperti alat rumah tangga, material bahan bangunan, rumah makan dan restoran. Usaha jasa dan perdagangan yang dilakukan penduduk antara lain Peternakan, Perikanan, dan toko kelontong, ada pula ada pengolahan kayu dan jasa penyewaan traktor.

Yang termasuk dalam industri rumah tangga antara lain pengolahan makanan singkong menjadi tape/peuyeum, pengolahan buah nenas menjadi wajit ato dodol nenas, dan pengolahan Gula aren, ada pula pengolahan Opak/kerupuk dari sisa serutan kulit singkong. Adapun jumlah penduduk dan mata pencahariannya adalah sebagai berikut:
Jumlah laki-laki                       : 1.833 orang
Jumlah perempuan                 : 1.722 orang
Jumlah total                             : 3.555 orang
Jumlah kepadatan keluarga  : 1.138 orang
Kepadatan Penduduk             : 0,3 per Km

3. Potensi Wisata

Desa Cirangkong memiliki potensi daya tarik seni dan budaya tradisi yaitu seni Benjang, Tarawangsa yang dilakukan secara rutin oleh masyarakat Desa Cirangkong yang memiliki tempat sarana pementasan seni dan budaya. Tarawangsa merupakan salah satu jenis kesenian

rakyat yang ada di Jawa Barat. Istilah “Tarawangsa” sendiri memiliki dua pengertian: alat musik gesek yang memiliki dua dawai yang terbuat dari kawat baja atau besi dan nama dari salah satu jenis musik tradisional sunda. Sedangkan benjang adalah salah satu kesenian tradisional yang khas dari daerah Subang khususnya di Desa Cirangkong. Semua tradisi sunda

yang ada, dulunya berasal dari ritual/ritus, bisa jadi sebagai upacara pertanian, kelahiran, kematian, dan sebagainya. Selain kesenian tersebut sebagai daya tarik wisata terdapat pula beberapa sentra pengrajin bahan makanan serta kerajinan tangan seperti peuyeum (tape singkong), keripik singkong, dan kerajinan tangan yang terbuat dari bambu yang dapat dijadikan cinderamata atau oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Desa Cirangkong.

Di Desa Cirangkong terdapat satu kampung wisata yaitu Kampung BNI yang sudah tidak asing lagi baik bagi masyarakat Subang maupun masyarakat umum, karena di sana terdapat suatu objek wisata minat khusus (education) untuk mengenal lebih jauh bagaimana cara mengelola dan memproduksi susu sapi dari sapi perah yang berada di sana sambil menikmati pemandangan alam.

 

 

Desa Wisata Cirangkong