DESA WISATA CISAAT

 

Desa Wisata Cisaat merupakan suatu desa yang bernuansa wisata yang berada di sebelah barat Kantor Kecamatan Ciater, memiliki luas wilayah sekitar 699,57 Ha, yang terdiri dari 4 dusun dengan 6 rukun warga dan 28 rukun tetangga. Desa Wisata Cisaat, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat; berjarak kurang lebih 185 km dari Jakarta dengan berbatasan sebelah barat Kecamatan Sagalaherang dan sebelah utara Kecamatan  Jalancagak arah selatan dari ibu kota Kabupaten Subang. Desa Wisata Cisaat memiliki batas wilayah administratif sebagai berikut :
– Sebelah Utara      : Desa Curugrendeng
– Sebelah Timur     : Desa Palasari
– Sebelah Selatan   : Desa Ciater
– Sebelah Barat      : Desa Cicadas

Potensi Agrowisata
Di Desa Wisata Cisaat ke objek Agrowisata berupa Kebun Nanas dan Stroberry, pada musim tertentu wisatawan bisa dilakukan seperti petik sendiri.

Potensi Seni Tradional
Ragam akan seni dan budaya tradisional yang terdapat di Desa Wisata Cisaat menjadikan salah satu aikon tersendiri bagi para pengunjung (wisatawan), masih banyak seni dan budaya tradisional yang masih exsis dilaksanakan dan dilestarikan di daerah Desa Wisata Cisaat yang sekarang ini keberadaannya sudah mulai hilang bagi daerah-daerah tertentu diluar wilayah Desa Wisata Cisaat. Berbagai kegiatan seni tradisional bisa dilihat dan disaksikan disini dari mulai Seni Kuda Lumping, Gemyung, Sisingaan dan masih banyak lagi lainnya.

Potensi Kuliner

 

 

 

 

 

 

– Papais, terbuat dari tepung beras dan gula merah, bahan tambahan lainnya.

– Yoghurt

Paket Wisata

1. Pertanian
Wisata pertanian bahkan lebih ragam terdapat di Desa Wisata Cisaat, para pengunjung atau wisatawan disuguhkan berbagai macam kegiatan dibidang pertanian dari mulai kegiatan berkebun, membajak sawah (bertani), menanam padi bahkan sampai dengan kegiatan memetik buah-buahan dan sayuran bisa dilakukan/dilaksanakan di wilayah Desa Wisata Cisaat.

2. Peternakan
Bidang peternakan untuk Desa Wisata Cisaat menjadi salah satu unggulan bahkan di Kabupaten Subang sendiri wilayah selatan Subang terutama wilayah Desa Wisata Cisaat menjadi salah satu sentral penghasil susu murni, jadi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Cisaat disuguhkan bahkan bisa mencoba bagaimana cara memelihara ternak sapi perah atau bahkan cara memerah susu sapi yang biasa kita konsumsi, kita bisa praktek langsung dengan para peternak setempat. Dari hasil peternakan bisa diolah berbagai kuliner salah satunya yang diproduksi atau dibuat oleh warga di Desa Wisata Cisaat yaitu yoghurt salah satu susu permentasi yang baik konsumsi oleh tubuh kita, bahkan para wisatawan bisa mencoba bahkan praktek langsung bagaimana cara membuat yoghurt tersebut.

3. Olah Raga Alam
Salah satu daya tarik bagi wisatawan di Desa Wisata Cisaat anatara lain olahraga sepeda gunung (montaint bike). Dari berbagai kelompok pencinta kegiatan sepeda gunung tertarik dengan trek yang ada di daerah Desa Wisata Cisaat mereka berkata “katanya menantang sekali treknya” sudah sering dilaksanakan event-event besar diselenggarakan. Selain trek yang menantang mereka juga disuguhkan makanan khas daerah setempat serta hiburan tradisional. Suasana alam yang indah serta sejuk menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta olahraga sepeda gunung sehingga mereka ingin mencoba kembali kegiatan tersebut didaerah ini. Keramah tamahan warga setempat menjadikan hal positif bagi setiap kegiatan tersebut. Panorama alam yang indah menjadi satu hal yang jarang ditemukan bagi mereka yang selalu disibukan oleh kegiatannya masing-masing.

Informasi lebih lanjut hubungi
Desa Wisata Cisaat
Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat
Nama Kontak: +62858 6207 5950 (Aep), +62852 1460 2106 (Mamad), +62852 2252 8089 (Arim)
Website: https://desawisatacisaat.wordpress.com
Email : desawisatacisaat@gmail.com
Koordinat GPS: 6° 42′ 32″ S, 107° 39′ 25″ E (*)

Sumber: Desa Wisata Cisaat

Desa Wisata Cisaat