Objek wisata penelitian berupa penangkaran kupu-kupu yang terdapat di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kec. Sagalaherang, merupakan satu-satunya tempat penangkaran kupu-kupu yang terdapat di Kab. Subang. Tempat penangkaran tersebut didirikan oleh tiga orang penghobi kupu-kupu sejak 10 tahun yang lalu dengan nama Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (Ibeka). Peralatan yang digunakan pun relatif masih sederhana. Di tempat ini para pengunjung dibebaskan menikmati keindahan kupu-kupu. Saat ini terdapat berbagai macam spesies kupu-kupu yang berhasil ditangkarkan. Penangkaran kupu-kupu Ibeka ini juga telah berhasil menangkarkan spesies kupu-kupu langka jenis Troides Helena dan Pachliopta. Kedua spesies kupu-kupu tersebut juga bisa ditemui di kawasan Afrika. Akses tempat penangkaran kupu-kupu ini bisa dicapai hanya sekitar 10 menit dari gerbang wisata Sari Ater ke arah Desa Cicadas. Secara Administrasi lokasi Butterfly Heaven ini masuk ke wilayah Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang.

Terdapat 28 jenis kupu-kupu yang dikembangbiakan di sini, salah satu diantaranya merupakan kupu-kupu sangat langka di dunia, yaitu Troides Helena atau lebih dikenal dengan kupu-kupu raja. Jenis kupu-kupu ini sudah termasuk daftar CITES Apendix II, artinya terancam punah jika perdagangan hewan ini terus berlanjut. Kupu-kupu raja sudah sulit ditemukan di alam bebas, karena sudah jarang ditemukan tanaman inang yang menjadi sumber makanan ulatnya yaitu sirih hutan.

Selain membiakan kupu-kupu, Butterfly Heaven juga mengawetkan kupu-kupu yang sudah mati. Caranya dengan menyuntikan cairan formalin ke bagian dada kupu-kupu. Kemudian kupu-kupu di tempatkan di papan setting untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam oven bersuhu 45 derajat Celcius. Specimen ini disimpan di dalam oven hingga kurang lebih sekitar 2 minggu, hingga benar-benar kering. Apabila telah benar-benar kering kemudian specimen akan ditata di dalam pigura dan siap di jual.

Karena sangat langka, awetan kupu-kupu raja banyak diburu oleh para kolektor penggemar kupu-kupu tanah air bahkan mancanegara. Selain kupu-kupu jenis ini, kupu-kupu lain yang banyak diburu para kolektor adalah jenis Papilio memnon. Bentuknya yang unik dan indah membuat kupu-kupu jenis ini banyak diminati.

Akses tempat penangkaran Kupu-kupu ini bisa dicapai hanya sekitar 10 menit dari gerbang wisata Sariater ke arah Desa Cicadas. Secara administratif lokasi Butterfly Heaven ini masuk ke wilayah kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang.

LOKASI WISATA
Lokasi Wisata Penangkaran Kupu-kupu terletak di di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

FASILITAS
Wisata Penangkaran Kupu-kupu di Cicadas Subang Jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :
– Area Parkir kendaraan
– Mushola
– Kamar mandi/MCK
– Penangkaran kupu-kupu sampai pada proses perkembangbiakannya
– dan masih banyak lainya

Destinasi Wisata “Penanggkaran Kupu-kupu”